TKJ ONE COMUNITY
by: suprayogi

Rabu, 03 Oktober 2012

Mengenal BIOS sebagai Jantung Motherboard

Posted: 28 Agustus 2011 in Komputer, Pengetahuan, Software

2
Dikutip dari sumber:Pakar Laptop
Basic input/output system (BIOS) juga dikenal sebagai BIOS atau ROM BIOS , adalah standar de facto mendefinisikan antarmuka firmware .
Perangkat lunak(software) BIOS dibangun pada motherboard computer, dan merupakan kode pertama yang dijalankan oleh computer saat diaktifkan (‘firmware boot’). Fungsi utama BIOS adalah untuk mengatur hardware dan beban(load) dalam memulai sebuah sistem operasi ketika computer dijalankan, pekerjaan pertama untuk BIOS adalah untuk menginisialisasi dan mengidentifikasi perangkat sistem seperti video ,keyboard, mouse, hard disk drive, disk drive optik dan perangkat keras lainnya. BIOS kemudian menempatkan perangkat lunak pada perangkat periferal (yang ditunjuk sebagai ‘perangkat boot’), seperti hard disk atau CD / DVD, dan mengeksekusi perangkat lunak tersebut serta memberikan kendali .Proses ini dikenal sebagai boot, atau boot up, yang merupakan kependekan dari bootstrap.
BIOS software disimpan pada chip ROM yang non-volatile yang dibangun ke dalam sebuah chip/IC yang terintegrasi pada motherboard. Perangkat lunak BIOS khusus dirancang untuk bekerja dengan jenis tertentu dari sistem yang bersangkutan, termasuk memiliki memori tentang cara kerja berbagai perangkat yang membentuk chipset pelengkap dari sistem. Dalam sistem komputer modern, isi chip BIOS dapat ditulis ulang, yang memungkinkan perangkat lunak BIOS untuk ditingkatkan (upgrade)
BIOS memiliki user interface . sistem menu dapat diakses dengan menekan tombol tertentu pada keyboard ketika computer boot. Pada UI BIOS, pengguna dapat:
-mengkonfigurasi perangkat keras
-mengatur jam sistem
-mengaktifkan atau menonaktifkan komponen sistem
-pilih perangkat yang memenuhi syarat untuk menjadi perangkat boot potensial
-berbagai sandi mengatur prompt, seperti password untuk mengamankan akses ke fungsi UI
Untuk penjelasan labih lanjut silahkan download disini DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar